3 Tantangan Sektor Logistik untuk Bertahan di Revolusi Industri 4.0

Flynd
3 min readMay 10, 2019
Credit: Forbes.com

Memasuki era revolusi industri 4.0, hampir seluruh aspek kehidupan digerakkan oleh teknologi. Logistik menjadi salah satu sektor yang tak luput dari perubahan ini. Kabar baiknya, revolusi industri 4.0 justru memberi dampak positif terhadap sektor logistik. Berkat perkembangan e-Commerce yang cukup pesat, sektor logistik di Indonesia justru mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan pada 2018 lalu.

Di satu sisi, hal ini tentunya menjadi sebuah kabar baik. Apalagi diperkirakan bahwa pertumbuhan tersebut masih akan berlanjut hingga beberapa tahun mendatang. Namun, di sisi lain, pelaku bisnis di sektor logistik harus berusaha lebih keras agar bisa tetap bertahan di era revolusi industri 4.0 ini. Untuk itu, ada beberapa tantangan yang harus ditaklukkan oleh sektor logistik.

Semua mulai bergerak menuju otomatisasi

Credit: restart-project.eu

Sektor logistik banyak melibatkan pekerjaan manual, mulai dari pencatatan hingga pelacakan barang. Hal ini butuh ketelitian tinggi sehingga energi dan waktu yang dibutuhkan pun besar pula. Padahal, kini pelanggan ingin layanan yang serba cepat. Di sisi lain, pengelolaan logistik secara manual juga rentan human error, terlebih pada perusahaan logistik berskala besar.

Untuk itu, penggunaan teknologi digital sangat dibutuhkan oleh sektor logistik. Penerapan digitalisasi tersebut secara efektif akan memudahkan pekerjaan yang selama ini dilakukan secara manual. Otomatisasi seluruh data akan menghemat waktu, sehingga kecepatan dan ketepatan layanan bisa semakin ditingkatkan. Sistem yang terintegrasi ini juga memudahkan Anda dalam hal pelacakan maupun evaluasi terhadap kinerja suatu tim.

Penawaran layanan harus semakin inovatif

Dunia bisnis bersifat dinamis, terutama di era revolusi industri 4.0. Pelanggan membutuhkan layanan lebih dari sekadar penanganan logistik. Pelaku bisnis di sektor logistik harus menawarkan layanan yang lebih inovatif. Terobosan terbaru yang bisa Anda pertimbangkan penggunaannya yaitu sebuah platform yang memungkinkan manajemen sistem transportasi berjalan lancar.

Beruntung saat ini sudah ada Flynd yang akan membantu Anda melacak dan melihat status pekerjaan secara real-time. Kapan saja dan di mana saja, platform manajemen sistem transportasi dari Flynd bisa digunakan melalui perangkat dekstop maupun seluler. Hanya berbekal satu platform canggih, operasional sektor logistik bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

Daya saing yang meningkat

Agar bisnisnya bisa stand out, para pelaku bisnis sektor logistik berlomba-lomba memaksimalkan perkembangan teknologi demi menarik hati pelanggan. Alhasil, daya saing pun semakin meningkat. Inovasi layanan yang ditawarkan tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, sehingga brand yang Anda miliki tetap unggul di tengah persaingan yang ketat.

Revolusi Industri 4.0 mau tidak mau membuat setiap perusahaan logistik terus berinovasi dalam mengembangkan layanan yang diberikan. Menjadi yang tercepat saja tidak cukup, sebab kepuasan pelanggan bisa juga didapatkan dari kemudahan mereka dalam menjangkau seluruh layanan yang disediakan oleh suatu perusahaan logistik. Untuk memenangkan persaingan, pastikan Anda sudah memilih teknologi yang sesuai dengan demografi pelanggan.

Pesatnya perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 memang turut mempercepat pertumbuhan banyak sektor bisnis, termasuk logistik. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tantangan yang dihadapi juga cukup besar. Tanpa persiapan yang baik, bukan tidak mungkin sektor logistik akan kesulitan menghadapinya. Mulai perubahan dengan bantuan dari Flynd.

Flynd adalah sebuah perusahaan yang memberikan layanan sistem berbasis cloud atau biasa disebut dengan SaaS (Software as a Service). Salah satu produk nya adalah Flynd TMS, yang mempermudah staf operasional logistik atau transporter untuk mengontrol pengiriman dengan fitur Control Center, menjadwalkan pengiriman dan melakukan route planning, mendapatkan digital POD/e-POD (Proof of Delivery) sebagai bukti tanda terima atau pengganti surat jalan dan berbagai fitur lainnya untuk membantu kegiatan operasional perusahaan Anda.

Hubungi Flynd via email di hello@transflynd.com atau Whatsapp di nomor 0821 2420 5656 untuk memulai proses digitalisasi perusahaan Anda.

Saatnya memulai perubahan. To be or not to be.

--

--

Flynd

A SaaS provider for logistics. Helping businesses leverage digital platform to improve workflow and increase efficiency in the daily operations.